Lewati ke konten utama

Contoh Modul Ajar Disekolah Penggerak, Modul Ajar Informatika Sekolah Penggerak

Contoh Modul Ajar Disekolah Penggerak, Modul Ajar Informatika Sekolah Penggerak

MODUL AJAR

AGENDA SESI

  • Benda hidup dan tak hidup
  • Ciri-ciri benda hidup dan tak hidup
  • Membedakan benda hidup dan tak hidup

Tujuan pembelajaran

Hidup dan tak hidup

FASE A : KELAS 1

PELAJARAN : B.INDONESIA

ALOKASI WAKTU : 4JP

Menulis

Profil Pelajar pancasila : mandiri, berfikir kreatif

Jenis Asesmen : Tertulis dan tidak tertulis

Melalui pengamatan siswa mampu menyebutkan benda

Siswa mampu menuliskan ciri- ciri benda hidup dan tak hidup serta perbedaannya berdasarkan pengamatan.

Penjelasan, metode, atau aktivitas untuk siswa yang sulit memahami

SARANA/PRASARANA

Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak

  • lingkungan
  • Internet

Buku

Ketercapaian Tujuan Pembelajaran dinilai guru melalui: Asesmen Individu

Ketercapaian Tujuan

Pembelajaran Utama :


Individu
Kelompok Urutan Kegiatan Belajar :
  • Siswa diminta membacakan doa belajar, dan menyanyikan lagu lihat kebunku.
  • Siswa menjawab beberapa pertanyaan dari guru
  • Siswa diarahkan untuk memperhatikan lingkungan sekitar
  • Siswa diminta menyebutkan 3 benda hidup yang ditemukan
  • Siswa diminta menyebutkan 3 benda tak

hidup yang ditemukan di lingkungan.

  • Siswa diarahkan untuk menonton Vidio mengenai Ciri benda hidup/tak hidup dan perbedaanya.
  • Siswa mengerjakan tugas yang diberikan
  • Siswa diminta menyebutkan Kembali mengenai materi yang telah dipelajari.
  • Guru memberikan refleksi

Sumber yang digunakan :buku tematik kelas 1

tema 7 – Bing

VIDIO AJAR BENDA HIDUP DAN TAK HIDUP

Ringkasan Materi

Benda Hidup merupakan : makhluk hidup, yang memerlukan makanan, makhluk hidup mengalami pertumbuhan,bergera k sendiri dan memerlukan makanan. Contohnya

: ayam,bebek, kambing,pohon, teman-teman dll.

Benda tak hidup merupakan benda- benda yang tidak bisa bergerak,tidak memerlukan makanan contoh benda tak hidup :

Batu,tanah,pot bunga, kursi dll

Nama Siswa

Keaktifaan saat mencari dan menyebutka n 3 benda hidup dan tak hidup Contoh asesmen tertulis

  • 1. Sebutkan 3 contoh benda hidup dan tak hidup !
  • 2.Sebutkan 3 ciri benda hidup dan tak hidup!
  • 3.Sebutkan 2 perbedaan benda hidup dan tak hidup yang ada disekitarmu!

Alhamdulillah, sekolah tempat saya bertugas terpilih menjadi sekolah penggerak. Kurang lebih selama 10 hari tim Komite Sekolah Penggerak yang diutus dari sekolah mengikuti pelatihan Sekolah Penggerak. Lumayan juga rasanya… hehe. Dan, finalnya adalah tahun ajaran baru ini sekolah kami mulai menerapkan kurikulum Sekolah Penggerak untuk kelas X. Bagaimana menerapkan kurikulum ini? Tentu banyak kebingungan tetapi kami harus belajar, bukan?

Nah, saya sendiri tahun ajaran baru ini mengampu kembali mata pelajaran informatika. Background pendidikan saya memang bukan dari IT tetapi saya menyukai bidang ini :). Saya akan berbagi dengan kawan-kawan yang barangkali sekolahnya juga mulai menerapkan kurikulum SP.

Di sekolah saya sendiri telah menetapkan bahwa ada 3 projek yang akan dikerjakan siswa, dengan pembagian triwulan 1 projek Kearifan Lokal, triwulan ke-2 projek Pemanasan Global dan semester genap projek Kewirausahaan. Projek ini menurut berita terakhir harus merangkum 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila. Idealnya kalau bisa berkaitan dengan beberapa matpel (integrasi) akan lebih baik.

Tetapi kalau tidak bisa pun, jangan dipaksakan. Saya percaya setelah kita terbiasa dengan model kurikulum ini insya Allah harapan itu bisa tercapai.

Lanjut ke matpel Informatika. Bagaimana membuat modul ajarnya? Di buku guru Informatika sebenarnya telah diberi panduan, yang menurut saya cukup detail dan jelas. Namun, memang harus dibaca dan dicerna baik-baik. Sesuai panduan, kita bisa merancang format Rencana Pembelajaran selama 1 tahun dengan pembagian semester 1 dan semester 2.

Seperti yang telah kita ketahui ada 6 elemen dari matpel informatika, yaitu BK, TIK, SK, JKI, AD, AP, DSI, dan PLB. Di buku ada contoh membuat format Rencana Pembelajaran. Rekan-rekan bisa memilih elemen dan topik yang ingin diajarkan selama 1 semester. Mau mengikuti contoh yang diberikan juga monggo :). Tetapi lebih asyik kalau merancang sendiri sih karena kita yang tau kemampuan dan kondisi siswa dan sekolah kita, bukan? Dan juga bisa menyesuaikan dengan projek akhir yang akan dibuat siswa nantinya.

Untuk Capaian Pembelajaran setiap elemen sudah ada. Demikian pun tujuan pembelajaran dan pertanyaan pemantik serta apersepsi. Kegiatan pembelajaran setiap pertemuan juga sudah dipaparkan secara lengkap. Bapak Ibu bisa mem-break down nya sendiri dan memilah materi yang mana yang ingin diajarkan terlebih dahulu. Dan tinggal melengkapi dengan informasi atau data lain yang Bapak Ibu ingin sisipkan. Apa yang ada di buku panduan guru juga bisa Ibu Bapak terapkan secara langsung untuk memperoleh gambaran terlebih dahulu dan jika sudah memahami polanya pasti Bapak Ibu akan lebih senang memodifikasinya sendiri.

Saya pribadi lebih menyukai kurikulum ini, karena memang terasa kedinamisannya untuk Guru berimprovisasi. Semangat untuk rekan guru. Ini saya sisipkan contoh format Rencana Pembelajaran versi saya ya. Semoga bermanfaat 😉

semester 1 belum selesai ya. Ini baru rancangan untuk triwulan ke-1.

Bapak Ibu yang membutuhkan file modul ajar informatika Sekolah Penggerak, silakan lihat di postingan saya dengan judul Modul Ajar Sekolah Penggerak Jilid 2 ya. Atau versi lengkap dan final bisa diunduh di sini.