Lewati ke konten utama

Standar Operasional Prosedur Housekeeping Hotel

Standar Operasional Prosedur Housekeeping Hotel

Standar Operasional Prosedur Housekeeping Hotel - Kasafaurin.my.id | SOP House Keeping HOtel ini Diperuntukkan untuk mempermudah para hotelier untuk bekerja sesuai standar sehingga mempermudah pekerjaan dan dibutuhkan koordinasi antara masing-masing staff untuk bekerja sesuai dengan prosedur yang ada tanpa melakukan tumpang tindih dalam pekerjaan. SOP HouseKeeping Hotel memang merupakan salahsatu bidang yang cukup menjanjikan.

Standar Operasional Prosedur Housekeeping Hotel

Persiapan untuk House keeping departement dalam shift pekerjaan terurut dan terkoordinasi dengan baik:

1. Persiapan Awal Shift

  • Mengambil Guest List (Arrival, Gust in House & Departure) di Reception yang berfungsi untuk mengetahui kamar mana yang seharusnya dibersihkan hari dan kamar mana yang harus di cek kelengkapan dan pemakaian minibar sehingga memudahan koordinasi antara house keeping dan reception bekerja,
  • Untuk tamu arrival (tamu check-in) memudahkan kita untuk menyediakan kamar bagi tamu yang akan datang sehingga memudahkan dalam mengontrol pekerjaan dalam satu departement.
  • Untuk tamu Departure (check-out) memudahkan bagi kita untuk mengecek konsumsi minibar yang harus dibayarkan tamu beserta tagihan kamar yang ada.
  • Guest in House untuk memudahkan bagi suatu departemen untuk bekerja membersihkan kamar dan melengkapi semua kebutuhan tamu yang masih menginap demi memperlancar operasional
  • Menyiapkan Peralatan (Ember, Chemical,Toilet brush,Botol sampo,shower gel,body lotion,Squize,Sapu,lap/dusting, Mop/pell tantai )
  • Menyiapkan trolley
  • Menyiapkan barang-barang keperluan kamar
  • Towel lengkap
  • Tissue
  • Soap
  • Aqua
  • Shower cap
  • Tea,creamer,sugar,coffee
  • Plastic sampah putih;dll
  • Memesan barang –barang keperluan kamar yang belum lengkap dengan mengisi formulir pemesanan.

2. Mempersiapkan kamar untuk tamu check in

Bed Room

  • Making bed
  • Pastikan bed,sheet,duve cover,bed protector,pillow benar-benar bersih sesuai dengan standar kebersihan.
  • Cek AC,TV,Safety box,lampu,wardrobe,water heater dan membuat trouble report jika ada yang perlu diperbaiki oleh Engineering.
  • Cek Room Directory dan melaporkan ke kantor jika ada halaman yang robek atau kotor untuk diganti yang baru.
  • Bersihkan keranjang sampah
  • Bath Room
  • Membersihkan kaca/cermin
  • Membersihkan wastafle/wash basin
  • Membersihkan toilet, cek penyemprot air asin di toilet
  • Membersihkan kaca shower
  • Membersihkan shower dan dinding kamar mandi
  • Melengkapi bath towel, hand towel,face towel,bath mat,aqua small,tissue roll,tissue box,shower cap,sabun, bottle amenities (shampo,shower gell,body lotion) plastik laundry,laundry list
  • Cek Exhaust di bathroom berfungsi dengan baik.
  • bersihkan keranjang sampah di bath room
Furniture
  • Lap furniture dengan furniture polish
  • Bersihkan sarang laba-laba
  • Bersihkan kaca-kaca
Minibar
  • Lengkapi isi dalam minibar ( Standard Minibar : 2 Sprite, 2 Coca Cola, 2 Diet Coke, 2 Tonic, 2 You-C1000, 2 Pocari Sweat, 2 Bir Bintang kecil, 1 Bir Bintang besar, 1 Aqua 1500ml, 1 Toblerone, 2 Kacang Mr. P).
  • Siapkan minibar list Terrace
    • Lap meja,kursi depan kamar
    • Bersihkan astray
    • Garden belakang
    • Bersihkan taman di garden belakang
    • Lap kaca-kaca garden belakang
    • Cek water heater
    Lantai
    • Menyapu lantai bath room,bed room,terace dengan dry mop
    • Jika banyak pasir gunakan vacum cleaner
    • Pell bath room,bed room,terrace
    • Hiasi bed room,bath room dengan bunga ( flower Arangement )
    • Rapikan korden
    • Gunakan pengharum ruangan( bayfresh )
    • ek kembali untuk memastikan kamar benar-benar siap untuk tamu check in
    • Rapikan korden sesuai standar
    • Tutup dan Kunci kembali pintu kamar
    • Informasikan ke FO bahwa kamar sudah siap untuk tamu check in

    3. Tamu Check In

    Greeting/salam Membawa barang tamu ke kamar

    4. Membersihkan kamar tamu yang masih menginap ( Occupied Room )

    Greeting

    • Mengetuk pintu kamar dan greeting sebanyak tiga kali sebelum membuka pintu
    • Membersihkan bed room
    • Merapikan tempat tidur tamu dan barang-barang tamu
    • Ganti sheet,duve cover, pillow cases yang kotor
    Bath room
    • Buang sampah yang ada di bath room
    • Bersihkan kaca/cermin di bath room
    • Bersihkan washtafle di bath room
    • Bersihkan kaca shower,di kran sower
    • Mengganti towel-towel kotor dengan towel yang bersih
    • Melengkapi aqua small,shower gell,shampo,body lotion

    Furniture

    • Lap furniture di bed room,di terace
    • Pastikan lampu bath room,bed room,dalam kondisi bagus
    • Sapu lantai bath room,di bed room,dan terrace depan

    Minibar

    • Cek Minibar
    • Catat apabila ada yang diambil oleh tamu
    • Minta tanda tangan tamu di kamar tersebut
    • Lengkapi kembali minibar
    • Serahkan bill tersebut ke FO untuk diproses ke folio tamu
    • Pell lantai bath room,bed room dan terrace,berikan pengharum ruangan
    • cek kembali perlengkapan dan kebersihan kamar tamu sebelum meninggalkan kamar
    • Pastikan pintu benar-benar terkunci sebelum meninggalkan kamar

    5. Membersihkan kamar tamu check out

    Cek minibar

    • Meminta tanda tangan tamu apabila ada item Minibar yang diambil dan diserhakan ke FO.
    • Membantu tamu membawa barang-barang ke depan ( lobby )
    • Periksa kembali kamar tamu check out
    • Pastikan barang-barang tamu tidak tertinggal di kamar
    • Apabila ada barang yang tertinggal setelah tamu pergi, segera laporkan ke FO atau GM untuk dicatat sebagai ‘Lost & found’

    Room

    • Mengganti Sheet, duve cover, pillow Case dengan yang baru /bersih
    • Making bed
    • Melengkapi Minibar
    • Membersihkan furniture di kamar dan terrace
    • Membersihkan kaca-kaca
    • Membersihkan garden belakang
    • Membersihkan dan melengkapi barang-barang di bath room
    • Membersihkan lantai bathroom,bed room, dan terrace
    • Pastikan AC, Water Heater,Lampu dalam posisi off
    • Rapikan posisi korden
    • Tutup pintu dan pastikan pintu kamar terkunci dengan baik

    6. Menyiapkan barang-barang kotor untuk laundry

    Menghitung
    • Pisahkan towel kotor dengan sheet,duve,cover,pillocases yang kotor
    • Catat jumlah masing-masing laundry kotor (soiled ) berdasarkan nama dan jenisnya
    • Catat di buku nota pengiriman
    • Bungkus dengan plastic laundry yang telah di sediakan
    • Kirim laundry kotor beserta nota yang di buat ramgkap dua

    7. Menghitung laundry bersih

    Menghitung kembali laundry yang datang/yang telah di bersihkan Susun rapi di atas rak berdasarkan jenisnya

    8. Public Area

    Public Arean Mencakup:

    • Public toilet
    • Bersihkan public toilet
    • Ganti tissue roll yang habis
    • Ganti bath mat yang kotor
    • sampah-sampah yang ada di keranjang sampah yg telah di sediakan
    • Restaurant atas dan bawah
    • Bersihkan kaca-kaca
    • Bersihkan sarang laba-laba
    • Bersihkan furniture
    • Bersihkan toilet restaurant atas
    • Bersihkan lantai
    • Pell lantai

    Lobby

    • Bersihkan lantai lobby
    • Lap furniture
    • Bersihkan meja kaca
    • Bersihkan asbak
    • Bersihkan sarang laba-laba

    Office

    • Bersihkan office
    • Lap meja,kursi, rak
    • Bersihkan tempat sampah
    • Bersihkan lantai,sapu,dan pell

    Fitness

    • Bersihkan ruang fitness
    • Lap alat-alat fitnes
    • Squize kaca-kaca yang kotor
    • Bersihkan lantai
    • Pell lantai fitness

    Spa

    • Pastikan perlengkapan spa sudah ada
    • Bersihkan sarang laba-laba
    • Cek lampu
    • Bersihkan shower, jacuzzi
    • Sapu dan pell
    • Beri pengharum ruangan

    Penutup

    Seperti itulh artikel tentang SOP House Keeping Hotel yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

  • Baca Juga