Lewati ke konten utama

Pengertian Houseman - Peranan Houseman, Teknik dan Prosedur, Job Description Houseman Beserta Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Section

Pengertian Houseman - Peranan Houseman, Teknik dan Prosedur, Job Description Houseman Beserta Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Section


Pengertian Houseman - Peranan Houseman, Teknik dan Prosedur, Job Description Houseman Beserta Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Section #

Menurut Jhon M. Echlos dan Hassan Shadly, 1976 : 305 dan 371, Houseman datang dari kata house yang memiliki arti rumah, dan man memiliki arti laki- laki. Houseman ialah seorang lelaki yang bekerja dan bertanggungjawab jaga, menjaga, membersihka , dan mengatur lingkungan/halaman yang ada di luar atau di dalam hotel. Pemahaman Houseman ialah Petugas dan penanggung jawab untuk jaga , menjaga , bersihkan , dan mengatur tempat umum yang berada di Hotel

Tugas dan fungsi Houseman #

Pengaturan dan pembersihan penting jadi perhatian oleh faksi hotel terutamanya section yang tangani atau yang bertanggungjawab akan ini ialah Housekeeping departemen , di mana departement ini bekerja dan bertanggungjawab akan kebersihan, merawa, atur dan jaga semua tempat hotel baik yang ada di dalam hotel atau yang ada di luar hotel, karena hotel disebutkan rapi dan nyaman jika hotel itu bagus dalam sisi penataan atau pengaturan interior yang selaras ataukah cocok dan perawatan dan kebersihannya.

Semuanya kita dapat saksikan pada Hotel, terutamanya lobby tempat sebagai pintu khusus hotel jadi gambar Hotel , hingga harus diatur dengan cantik dan cocok. Di mana peletakan satu benda atau interventarisnya sesuai kondisi ruangnya, selain itu warna ruang yang tidak begitu menonjol yang memberi rasa sejuk, hingga kelihatan seserasian dan kesetimbangan baik dari warna dan pengaturan bendanya. Pada lobby tempat ada beberapa set bangku/sofa dengan mejanya masing-masing, di mana bangku/sofa itu diperlengkapi rack kecil yang berisi koran/majalah, di mana semuanya bermanfaat untuk membikin beberapa tamu terasa nyaman dan tidak gampang jemu. Untuk menambahkan keelokan lobby tempat itu, faksi Housekeeping yang berada di Hotel menempatkan benda atau peralatan / inventaris yang kecil tapi mempunyai nilai seni yang tinggi seperti:

  1. Pot/vas bunga
  2. Tanaman hias
  3. Lukisan
  4. Sofa/kursi warna warni

Pengaturan ruang yang bagus dan menarik dan situasi yang tenang dan keadaan yang bersih, akan membuat daya magnet yang cantik dengan nuansa yang membuat jiwa dan pemikiran yang jernih dan tenang untuk beberapa pemakai Lobby tempat itu. Houseman ialah seksi yang bekerja dan bertanggungjawab penuh akan kebersihan dan di semua tempat hotel terutamanya public tempat terkecuali , Kamar seperti. Lobby tempat, Corridor Locker Pegawai, Office, Restoran, Bar dan yang lain. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga - tenaga yang professional ingat tempat kerjannya yang demikian luas. Karena luasnya tempat kerjanya dan tempatnya yang tidak sama dan harus usai on time, tiap Houseman harus bekerja secara professional sesuai prosedure kerja dan bagaimanakah cara melakukan pekerjaantersebut secara tepat ketika waktunya dan tempat itu pada kondisi rapi dan bersih

Peranan Houseman #

Peranan Houseman Section antara lain sebagai berikut :

Menangani pembersihan dan penataan area umum ( Public Area ), dengan bersikap berpengetahuan dan berketerampilan agar dapat melaksanakan tugas-tugas dengan baik. Memperlihatkan suatu citra yang baik di mata tamu merasa puas sesuai dengan Prosedure kerja.

Teknik dan Prosedur Houseman Section yang ada di hotel #

Seorang houseman harus ikuti beberapa langkah berikut saat lakukan proses pembersihan :

  • Analisiskan dan tetapkan wilayah yang penting dibikin bersih dan ditangani.
  • Infokan di bagian yang bertanggungjawab jika pembersihan di harap untuk selekasnya di lakukan.
  • Mengumpulkan dan check bahan, perlengkapan, peralatan pencuci.
  • Persiapkan alat dan bahan pencuci sama sesuai kondisi object yang hendak dibikin bersih.
  • Kerjakan tugas dengan konsep sama arah jarum jam bila object di ruang.
  • Bekerjalah dengan memakai konsep keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Memakai bahan pencuci yang lunak saat sebelum memakai bahan pencuci yang keras/kuat (sesuai tingkat pengotorannya)
  • Pasang rambu - rambu (wet caution) bila sedang bersihkan wilayah umum untuk menghindar risiko bahaya tergelincir karena lantai basah atau keruntuhan air karena over head cleaning.
  • Selalu mengecek kembali tempat/lokasi yang dibikin bersih saat sebelum meniggalkan tempat.
  • Kembalikan alat - alat pencuci dan chemical ke gudang

Job Description Houseman #

Houseman supervisor

  • Membuat skedul untuk houseman.
  • Pimpin, latih, memantau dan memeriksa hasil kerja houseman, garderner dan swimming pool attendant.
  • Memeriksa kebersihan dan keelokan di tempat hotel
  • Berencana dan membuat skedul untuk general cleaning.
  • Memeriksa pemakaian housekeeping equipment, cleaning supplies dan yang lain.
  • Memberikan laporan langsung ke atasan jika ada kerusakan dan kehilangan.
  • Mengubah formasi tanaman yang tidak tepat.
  • Mendidik dan latih karyawan atau traine baru jika ada.

Houseman attandent

  • Lakukan handing over dengan shift morning, evening, night cleaner di saat menuntaskan pekerjaan.
  • Memberi standing ashtray di tempat lobby dan tempat umum yang lain.
  • Lakukan dusting di tangga, mebel, public tempat.
  • Bersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan tempat yang lain.
  • Bersihkan restaurant sesudah sarapan, siang dan malam.
  • Bersihkan back office, sesudah office hour dan employeed room, corridor, dan locker.
  • Menolong buang semua sampah yang berada di station.
  • Jaga keadaan rapat room supaya masih tetap pada kondisi bersih dan rapi.
  • Ikuti berifieng tiap hari.

Gardener

  • Mengurus tanah
  • Memupuk
  • Menjaga tanaman dan menyiramiinya tiap pagi hari.
  • Atur peletakan dan perawatan tanaman

Trainer

  • Bekerja untuk menolong beberapa senior terutamanya houseman dalam penerapan pekerjaan satu hari - hari khususnya di saat bersihkan tempat - tempat yang sudah di tetapkan sperti : lobby, corridor, toilet, rapat room, dan restaurant.

Persiapan houseman section sebelum melaksanakan tugas dan tanggung jawab #

Area umum Hotel Sheraton Senggigi Beach Resor :

  • Lobby
  • Corridor
  • Restoran
  • Toilet
  • Rapat Room

Saat sebelum melakukan aktivitas / mengawali bekerja sebaiknya petugas Houseman lebih dulu mempersiapkan perlengkapan dan chemichal- chemichal yang sesuai peranan dan pemakaianya , berikut jenis - jenis chemichal dan perlengkapan - perlengkapan yang dipakai oleh Houseman section di Hotel

Chemichal :

  • Air Freshner sebagai obat pengharum ruang.
  • Bolt MPC ( Multi Purpose Cleanear ) sebagai obat serba buat yang bisa digunakan untuk bersihkan semua peralatan : meja , bangku , kaca , dan untuk pencuci kamar mandi.
  • Glass clenear obat ini dipakai untuk pencuci kaca dan warna biru.
  • Krim poliz untuk bersihkan staninless.
  • Mebel polish dipakai untuk bersihkan prabotan yang bersal dari kayu.
  • Deterjen atau sabun bubuk dipakai untuk pembersihan kotoran pada permukaan dengan bahan kain.
  • Liquid hand soap sebagai sabun pembersih tangan yang tidak memunculkan pengendapan pada wastafel/washbashin.
  • Bathklin sebagai obat untuk bersihkan toilet bowl.
  • Floor clenear untuk bersihkan lantai.
  • Cong R-dust untuk bersihkan lantai marmer.

Baca Juga