Tugas dan Tanggung Jawab Reception Hotel. Halo broo, selamat tiba di website Kasafaurin. Pada ulasan ini kali admin akan membagi materi mengenai pekerjaan dan tanggung-jawab Reception hotel. Tetapi saat sebelum masuk ke pokok ulasannya, awalnya admin akan memberi pemahaman pada umumnya lebih dulu, apakah itu Reception. So, jadi berikut materi mengenai pekerjaan dan tanggung-jawab Reception dan job desk Receptionist.


Tugas Dan Tanggung Jawab Reception Hotel

Apa itu Reception ?

Adalah seksi dari Front Office(FO)yang memiliki tanggung-jawab pada pengatasan tamu check-in,stay sampai check-out.

Apa tugas seorang resepsionis?

Selainnya terima dan menyongsong tamu, penerima tamu berperanan bertanya kepentingan dan keperluan tamu. Sesudah ketahui kepentingan dan keperluan tamu, penerima tamu berperanan untuk menyiapkan keperluan mereka atau arahkan tamu ke sisi berkaitan.

Apa fungsi Reception?

Layani keperluan tamu

Selainnya terima dan menyongsong tamu yang tiba, penerima tamu berperanan dalam penuhi keperluan tamu. Umumnya saat tamu tiba karena itu hal yang ditanya penerima tamu ialah kepentingan tamu itu tiba ke hotel atau kantor.

Apa maksud dari receptionist?

Resepsionis adalah orang yang bertugas sebagai penerima tamu disuatu perusahaan, kantor, hotel. Area kerja Receptionist/ Front Desk Agent (FDA) adalah front desk atau meja depan.

Apa perbedaan reservasi dan resepsionis?

Reservation clerk ialah bahasa inggris dari ‘pegawai booking’ ialah orang yang terima keinginan dan memasukkan ke mekanisme booking. - Receptionist ialah bahasa inggris dari ‘resepsionis’ sebagai orang yang bekerja sebagai yang menerima tamu di sebuah perusahaan, kantor, hotel

Apa tugas dari reservasi?

Lebih jelasnya sudah dijalekan pada penjelasan dibawah silahkan scroll sendiri yaa

Tugas Receptionist Hotel (Reception)

Pekerjaan Reception. Kemungkinan telah admin banyak terangkan pekerjaan Reception pada artikel yang lain di website ini, atau pada artikel ini pada pengetahuan Reception. So, jadi pada umumnya pekerjaan Reception ialah layani dan tangani semua keperluan tamu, mulau dari tamu tesebut tiba ke hotel (check-in), berpindah kamar (change room, sampai tamu itu tinggalkan hotel (check-out).

Itu keterangan pada umumnya pekerjaan dari Reception. Ini kali admin akan jabarkan atau sebut satu-satu pekerjaan dan tanggung-jawab dari Reception. So, admin berharap ini semakin lebih membuat lagi jelas untuk kalian yang memabacanya.

Tugas dan Tanggung Jawab Reception :

  • Tangani dan menyongsong kehadiran tamu di hotel.
  • Memberi servis dalam mengolah register atau registrasi tamu (check-in)
  • Bertanggungjawab dalam mempersiapkan kehadiran tamu dan tentukan kamar sesuai keinginan tamu.
  • Bekerja dan bertanggunga jawab dalam pemberian dan penitipan kunci ruang tamu.
  • Bekerja menjawab panggilan telephone dengan tenang.
  • Bekerja layani semua keperluan dan keinginan tamu.
  • Berbicara dengan department lain dalam penuhi permintaa tamu.
  • Tangani complaint atau keluh kesah tamu ada permasalahan servis atau sarana hotel.
  • Membuat laporan berkenaan tingkat tempat tinggal kamar di hotel.

Sama seperti yang admin telah ucapkan barusan, admin telah merinci atau mengatakan pekerjaan dan tanggung-jawab Reception. Sama seperti yang telah kalian tahu, bawah Reception bekerja dalam layani tamu dimulai dari tamu itu tiba sampai tinggalkan hotel. Tetapi dalam masalah ini Reception masih tetap mempunyai beberapa tugas yang lain tidak kalah pentingganya, seperti bekerjasama dengan department lain di hotel dalam mengoptimalkan servis ke tamu yang bermalam.

Tapi, dalam Section Reception dipisah jadi beberapa status kembali, seperti head front desk, Reception supervisor, dan Receptionist. Tetapi pada artikel ini admin akan menerangkan Job Description Receptionist Hotel. So, jadi berikut penuturannya.

Job Description Receptionist

Receptionist ialah panggilan untuk petugas yang ada dalam section Reception. Receptionist lah yang hendak jalankan beberapa tugas pada umumnya dari Section Reception. Oleh karena itu di sini admin akan menerangkan secara eksklusif job desk dari Receptionist ini.

Job desk Receptionist bisa admin terangkan yakni menyongsong kehadiran tamu yang hendak check-in dan mengolahnya secara cepat, pas, efektif, ramah, dan sopan hingga tamu mendapat kesan-kesan yang bagus.

Yang diartikan job desk ini sendiri yakni daftar beberapa tugas yang perlu ditangani dengan seorang Receptionist dalam sebuah gantian kerja atau shift, yang di mana semua pekerjaan ini harus ditangani dan diselaikan dengan penuh tanggung-jawab. Apabila ada hal yang tidak bisa dituntaskan oleh Receptionist pada sebuah shift, karena itu dia harus menulis hal itu dalam log book agar dilakukan tindakan oleh petugas Reception seterusnya.

So, Job Desk Reception dapat admin jelaskan seperti yang berikut ini :

  • Menyongsong, memberi salam dan layani tamu yang hendak check-in.
  • Mengecek booking tamu, dan menemukan kamar sama sesuai pesanan
  • Menolong tamu lakukan register.
  • Bertanya sistem pembayaran tamu di saat check-in dan memrosesnya.
  • Memberi tamu guest card, welcome drink card,breakfast kupon dan kunci kamar.
  • Jaga kebersihan konter front office dan memeriksa peralatan perlengkapan dan formulir yang dibutuhkan.
  • Menuntaskan persoalan tamu yang berpindah kamar.
  • Membuat atau tuliskan beberapa hal yang penting dilakukan tindakan di log book, bila waktu kerja telah habis dan sementara ada permasalahan dengan tamu yang belum tersudahi.
  • Memberitahu housekeeping mengenai kamar-kamar yang sudah check-out, check-in atau berpindah kamar.
  • Mengecek booking kamar-kamar tamu baik yang pribadi atau kelompok.
  • Memeriksa room rak dan membuat house akun selalu tepat.
  • Menyiapkan kamar-kamar bagus untuk VIP, grup atau perseorangan sesudah kamarnya dikunci oleh supervisor.
  • Lakukan pengecekan pada room discrepancy (ketidaksamaan status kamar) di antara Front Office dengan Housekeeping.
  • Mengimput data register ke computer, supaya semua sisi bisa manfaatkan untuk transaksi bisnis bill.

So, kalian telah memahami berkenaan job desk Receptionist ? apa ada dari kalian yang tertarik menjadi seorang Receptionist ? mungkin. Pada intinya admin rasa jadi seorang Receptionst perlu bertanggungjawab pada kenyaman tamu saat bermalam . Maka seorang Receptionist harus bisa memberi kesan-kesan yang bagus ke tiap tamu.

Jadi bisa diambil kesimpulan jika pekerjaan Reception ialah bertanggungjawab atas semua servis dan kenyamanan tamu, dimulai dari tamu itu mencatatngni hotel, berpindah kamar, sampai wafatlkan hotel, dan pastikan jika tamu memperoleh kesan-kesan yang bagus saat bermalam di hotel.

So, admin rasa cukup ulasan admin ini kali berkenaan materi mengenai Pekerjaan Dan Tanggung Jawab Reception Hotel. Admin minta maaf bila ada tulisan admin yang kurang sudi. Dan mudah-mudahan materi ini kali bisa berguna untuk kalian yang membacanya.

Artikel Lainnya